AWAN Letusan Merapi

by kristo1

Ini Foto-foto Letusan Merapi Kamis Pagi Ini

Tribunnews.com – Kamis, 4 November 2010 08:42 WIB

Berikut foto-foto yang diabadikan fotografer Tribunnews.com, Hasan Sakri Ghozali saat merapi meletus pagi ini.

Gambar di atas adalah gambar-gambar letusan merapi Kamis, 4/11/2010.

TRIBUNNEWS.COMMerapi kembali meletus, Kamis (4/11/2010) pagi. Tak kalah hebat dengan letusan sebelumnya, awan panas yang keluar dari mulut merapi membumbung tinggi bak cendawan.

Lihatlah! Awan Panas Merapi Mirip Wedhus Gembel

Tribunnews.com – Selasa, 2 November 2010 03:09 WIB

Gambar 1 : Bentuk letusan Merapi seperti seekor kambing gibas raksasa atau wedhus gembel yang sedang baring akan berdiri

Gambar 2 : Awan panas ini seperti kepala orang membelakangi Gunung Merapi

Gambar 3 : Ada seperti anak anak kambing yang berlarian di kepulan awan panas ini

Gambar 4 : Bentuk asap tebal itu seperti Semar tokoh pewayangan punakawan yang sederhana tapi sakti mandraguna


Gambar-gambar di atas, diambil oleh Fotografer Tribunnews.com yang berada di Merapi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Gunung Merapi memang sangat unik, selain karena paling aktif di Indonesia juga memiliki awan panas dengan suhu mencapai 600 derajat celcius dan mampu meluncur berkecepatan maksimal 300 kilometer per jam.

Letusan Merapi juga dikenal dengan awan panas yang biasa disebut Wedhus Gembel atau domba berbulu lebat. Wedhus gembel bisa saja berbulu warna putih, abu-abu atau kecoklatan cenderung hitam bila bulunya tidak dicuci.

Demikian juga kepulan awan panas semburan dari kawah Merapi membentuk semacam Wedhus Gembel, demikian orang Jawa jaman dahulu menamainya.

Bila diperhatikan, memang bentuk semburan awan panas itu tampak seperti bulu bulu wedhus gembel yang berombak. Bila gunung Merapi setinggi 2.968 m di atas permukaan laut ini sedang meletus, orang sekitar Merapi menyebutnya Batuk. Demikian juga saat Merapi erupsi dengan mengeluarkan lahar, awan panas dan material padat, maka warga sekitar menyebutnya sedang muntah.

Mbah Maridjan juga berulangkali menyebut Merapi lagi Watuk (Batuk). Seperti orang batuk maka biasanya juga berulang-ulang dalam satu kondisi sakit. Setiap batuk menyemburkan awan panas yang menyerupai wedhus gembel.

Dengan tanpa sengaja memotret beberapa kondisi letusan Merapi, wartawan tribunnews.com, Iman Suryanto dan Willem Jonata memperoleh foto yang indah. Selain warnanya menyerupai wedhus gembel, ternyata juga bentuk kepulan asap awan panas itu juga warna warni.

Ada yang membentuk seekor kambing gibas (wedhus gembel) sedang baring. Wedhus gembel itu berukuran raksasa berada di atas gunung karena memang baru saja meluncur dari kawah Merapi.

Dalam posisi seperti wedhus gembel berbaring itu, lengkap ada kepala, mata, mulut dan tentu saja bulu bulu domba atau wedhus gembel. Posisi wedhus gembel itu seperti sedang baring akan bangkit berdiri.

Sama halnya dengan gerak awan panas yang siap menerjang ke berbagai arah tergantung angin yang meniupnya.

Selain itu, bentuk awan panas letusan Merapi juga bisa menyerupai Semar, tokoh pewayangan seorang Dewa yang mengejawantah menjadi punakawan (pengasuh) Pandhawa Lima. Semar adalah tokoh tua yang arif bijaksana, sederhana dan sakti mandraguna.

Bentuk awan panas yang lain juga ada yang seperti baby bear atau anak panda sedang berjalan meninggalkan kawah Merapi. Panda itu warna coklat gelap sedangkan bulunya orange kemerahan pertanda suhu yang tinggi.

Ada lagi bentuk kepala raksasa yang memalingkan wajah dari Merapi menuju lereng. Kepala itu memiliki mata, hidung, mulut, kumis, janggut dan rambut putih membelakangi Merapi.

Sebagian orang mencermati foto foto ini mungkin menemukan bentuk yang lain. Yang jelas, apa yang dilihat bukanlah hal yang mistis atau tahayul melainkan semata-mata keindahan dalam menikmati hasil fotografi. (*)

Penulis: widodo

Editor: widodo

Sumber : tribunnews.com

ambar 1 : Bentuk letusan Merapi seperti seekor kambing gibas raksasa atau wedhus gembel yang sedang baring akan berdiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: